Tips Memperpanjang Timelimit Airasia

Sudah pernah melakukan booking secara online via http://www.airasia.com ?

Jika sudah, tentu paham bahwa pembayaran tiket yang sudah dibooking bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu : dengan kartu kredit, e-voucher dan via KlikBCA.com. Dan untuk melakukan perpanjangan timelimit Airasia ini, sebaiknya anda sudah menjadi member Airasia dan melakukan bookingan dengan keanggotaan Anda.

Kita tidak akan bicara soal pembayaran dengan e-voucher tapi kita akan bahas dua cara pembayaran lainnya.

Pembayaran dengan kartu kredit biasanya mesti langsung dibayar saat itu juga. Dan akan kena yang namanya processing fee sebesar Rp 16.500/setara per orang per way. Jika data kartu kredit yang diinput salah maka sistem Airasia akan meminta kita untuk memasukkan sekali lagi data kartu kredit apakah itu kartu kredit yang tadi kita input ataupun kartu kredit baru. Permintaan itu akan terus muncul selama transaksi pembayaran belum selesai. Akan merepotkan bila ternyata kita belum siap dengan data kartu kredit cadangan.

Nah, ada salah satu keuntungan bila kita menjadi member AirAsia adalah : kita bisa mengabaikan permintaan input data kartu kredit setelah transaksi yang pertama gagal dan bisa mengetahui kapan tepatnya timelimit pembayaran.

Caranya : setelah transaksi dengan kartu kredit pertama gagal, masuk saja ke menu Mengatur Pembelian Saya. Disana akan muncul daftar pembelian tiket kita selama menjadi member Airasia termasuk bookingan yang gagal bayar barusan.

Kalau hanya ingin melihat bookingan tadi dan ingin mengetahui timelimit pembayarannya, klik menu View di sebelah kanan kode booking.Disana akan tercantum kode booking, status booking yang pastinya NEED PAYMENT dan timelimit pembayaran secara GMT (Jadi untuk mengetahui waktu WIB-nya, tambahkan saja 7 ke angka yang tercantum, misal need payment until GMT 08.12 berarti mesti dibayar sebelum WIB 15.12)

Kalau ingin memperpanjang timelimit pembayaran,

klik Modify

dan klik Konfirmasi di sebelah kanan kode booking tanpa melakukan perubahan apapun terhadap bookingan yang ada.

Taraa ! Timelimit bookingan pesawat anda akan bertambah.

Hal ini juga berlaku bila pembayaran dilakukan via klikbca.com. Timelimit pembayaran adalah 2 jam setelah booking dilakukan. Bila ingin memperpanjang timelimit, klik saja Modify dan klik Konfirmasi tanpa melakukan perubahan apapun terhadap bookingan Anda. Niscaya timelimit bertambah untuk 2 jam kedepan. Anda masih memiliki waktu untuk melakukan pembayaran tanpa khawatir bookingan Anda hangus atau harga tiket naik.

Kadangkala tidak selamanya transaksi via klikbca mulus. Kita sudah memasukkan pemilihan pembayaran via klikbca dan sudah memasukkan user ID klikbca dengan benar, tapi ternyata saat kita membuka klikbca dan akan melakukan pembayaran, ternyata kode bookingan kita tidak muncul di menu Pembayaran E-Commerce. Biasanya akan muncul warning message : TIDAK ADA TRANSAKSI ATAU TRANSAKSI ANDA SUDAH KADALUARSA. Padahal kita yakin 100% bahwa kita masih punya timelimit. Solusinya, jangan repot-repot telepon ke Call Center Air Asia di 021-29270999 karena akan disuruh telepon ke HAllo BCA. Tapi jangan juga telepon ke Hallo BCA karena dia akan berargumen secara sistem BCA mereka sudah benar. Jadi daripada dipingpong sana-sini, lebih baik gunakan cara diatas untuk memperpanjang timelimit Anda dan pilih sekali lagi cara pembayaran selain via klikbca.com, misalnya pilih bayar dengan kartu kredit atau gunakan user ID BCA teman/pacar/suami.

Airasia juga menyediakan pembayaran via ATM yaitu ATM BNI dan ATM Bank Permata, tapi … pembelian harus dilakukan via Call Center Airasia/Counter Airasia di Carrefour atau lainnya. Nah ini dia, jika pembelian dilakukan via Call Center AirAsia maka kita akan dikenakan yang namanya booking fee sebesar 60 ribu untuk domestik atau setara 60ribu untuk internasional per orang per way. Jadi kalau pesan tiket pulang pergi, maka akan dikenakan booking fee 120 ribu atau setara. Dan… kita tidak akan dapat tiket harga promo. Kita hanya bisa membeli tiket harga regular. Jadi menurut saya lebih baik lakukan pembelian via online saja.

Jika kita akan membeli tiket kurang dari 48 jam sebelum flight, hanya akan tersedia 2 pilihan pembayaran yaitu via kartu kredit atau e-voucher. Pembayaran via klikbca.com tidak akan bisa dilakukan.

SELAMAT MENCOBA !

About these ads

2 responses to this post.

  1. Posted by alex on 19 Januari 2013 at 3:12 pm

    kalo bayar memakai klik pay bca rutenya bisa pulang/pergi gak mbak, mis medan -kuala lumpur-medan?
    kalau saya booking online dan saya mau ambil ticket dr kl ke singapore bisa pake klikpay bca juga mbak
    makasi

    Balas

    • Posted by ekarosmi on 24 Maret 2013 at 10:22 pm

      bayar pakai klik bca untuk perjalanan pulang pergi, bisa kok. Kalau untuk tiket dari KL ke Singapore, tidak bisa.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: